Sosiologi Pendidikan Islam: Realitas Sosial Umat Islam

sosiologi-pend…ial-umat-islam

Sosiologi Pendidikan Islam: Realitas Sosial Umat Islam

Penulis             : M. Fahim Tharaba & Moh. Padil

ISBN                  : 978-602-1060-20-9

Tahun               : 2015

Tebal                : 280

Sinopsis           :

Buku “Sosiologi Pendidikan Islam Realitas Sosial Umat Islam” ini dimaksudkan untuk memberikan wacana kepada mahasiswa tentang analisis sosiologis terhadap problematika pendidikan, sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk meningkat mutu dan kualitas pendidikan, terutama Pendidikan Agama Islam (PAI). Sosiologi pendidikan sangat tepat diberikan di Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mencetak calon guru. Guru bukan hanya dituntut untuk menguasai dan mengembangkan materi pelajaran saja, tetapi juga dituntut untuk mengetahui perilaku siswanya. Dengan demikian guru akan mengetahui kemauan dan kebutuhan siswa terhadap materi yang diajarkan. Selain itu guru juga akan lebih mudah untuk mengadakan pendekatan-pendekatan kepada murid yang bersifat pendekatan personal dan  problematika yang dihadapi murid terserap oleh guru. Murid akan bercerita dan berterus terang kepada guru yang mudah diajak bicara, supel, suka humor dan sebagainya. Semuanya itu dapat dilakukan guru dengan baik apabila guru mengetahui perilaku dan kepribadian murid.

Dengan adanya buku “Sosiologi Pendidikan Islam Realitas Sosial Umat Islam”ini diharapkan dapat menambah khazanah referensi pendidikan dan sekaligus menambah wawasan para calon pendidik. Sudah barang tentu buku “Sosiologi Pendidikan Islam Realitas Sosial Umat Islam” ini masih jauh dari apa yang diharapkan. Dalam buku ini dibahas beberapa hal yang berkaitan dengan sosiologi pendidikan (Islam), diantaranya Memahami Konsepsi dan Definisi Dasar Sosiologi dalam Hubungannya dengan Pendidikan (Islam). Dalam bab dua dibahas tentang Sejarah dan Tokoh Sosiologi Pendidikan (Islam). Selanjutnya, dalam bab ketigadibahas tentang Kontribusi Sosiologi terhadap Dunia Pendidikan. Dalam babselanjutnya dibahas tentang Teori Sosiologi untuk Pendidikan. Selanjutnya dibahas tentang Perkembangan Sosial Anak, Peran Perubuhan Sosial (Social Change)dalam Pendidikan, Tantangan Pendidikan (Islam), Implikasi dan Relevansi Sosialnya dalam Perspektif Sosiologi, Lembaga-Lembaga Pendidikan yang Mencakup Lembaga Pendidikan Keluarga, Lembaga Pendidikan Sekolah dan Lembaga Pendidikan Masyarakat, dan Hubungan Pendidikan, Masyarakat, dan Budaya, serta diakhiri dengan bahasan tentang Sekolah Islam Sebagai Agent Of Change.

 

Posted in Sinopsis Tagged with: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>